Komunitas. Apa yang terbayang dalam benak Anda mendengar kata itu? Yesus pernah berdoa agar umat-Nya dikenal sebagai komunitas yang bersatu, penuh sukacita, bertumbuh dalam kebenaran, dan terpanggil untuk bermisi (Yohanes 17).

KESATUAN. “Peliharalah mereka . . . supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita” (ay.11). Yesus memohon kepada Bapa agar gereja dikenal karena kesatuannya. Satu bukan berarti seragam; masing-masing dari kita membawa keunikan pribadi kita ke dalam komunitas tersebut. Namun, dalam keberagaman, kita masih dapat menunjukkan kasih kepada dunia di sekitar kita.

SUKACITA. “Supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka” (ay.13). Salah satu berkat terbesar dari komunitas adalah penguatan yang diberikan seorang kepada yang lain. Saudara-saudari seiman kita hadir untuk mengingatkan bahwa sukacita sejati hanya dapat diberikan oleh Sang Pencipta.

BERTUMBUH DALAM KEBENARAN. “Supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat” (ay.15). Komunitas Kristen memiliki kemampuan unik untuk menegur dan mengoreksi ketika kita menyimpang dari kebenaran. Komunitas orang percaya berperan untuk menolong kita mengarahkan kembali pandangan kita kepada Injil.

PANGGILAN UNTUK BERMISI. “Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia” (ay.18). Umat Kristen tidak pernah dimaksudkan untuk memisahkan diri dari dunia. Yesus memanggil kita untuk hidup di tengah masyarakat (Mat. 28:18-20). Relasi kita yang terutama dengan sesama orang percaya akan berdampak dan mendorong kita untuk memperhatikan relasi kita yang lain (dengan teman atau kerabat yang belum percaya). Kita berkumpul untuk berdoa bersama dan bagi satu sama lain. Kemudian kita melangkah keluar gereja untuk melayani, mengasihi, dan mengajak orang lain untuk memiliki hubungan dengan Yesus.

Danny Franks adalah Gembala Komunitas di Summit Church, Raleigh-Durham, North Carolina, Amerika Serikat. Baca tulisan-tulisan beliau di dfranks.com


Baca juga:

Melayani Gembala Anda

Gembala jemaat menerima tanggung jawab yang sangat besar untuk menggembalakan jemaatnya. Namun demikian, mereka juga manusia yang memiliki keterbatasan dan dapat mengalami kelelahan jiwa raga.

Temukan caranya agar Anda tidak hanya menunjukkan perhatian dan kepedulian bagi pemimpin rohani Anda, tetapi juga bagaimana Anda dapat menjadi berkat bagi gereja.

Beli di sini:


Pelayanan Our Daily Bread Ministries di Indonesia didukung terutama oleh persembahan kasih dari para pembaca, baik individu maupun gereja di Indonesia sendiri, yang memampukan kami untuk terus membawa hikmat Alkitab yang mengubahkan hidup kepada banyak orang di dalam negeri.