Alkitab mengajarkan Bapa adalah Allah, Anak adalah Allah, dan Roh Kudus adalah Allah. Keberadaan Allah adalah esa dan kekal sebagai tiga Pribadi yang berbeda, tetapi tidak terpisahkan. Sebagai Pribadi yang berbeda-beda, masing-masing memiliki peran yang unik. Allah Bapa adalah Pemrakarsa, Allah Anak adalah Perantara, dan Allah Roh Kudus adalah Pelaksana. Masing-masing Pribadi memiliki kesadaran dan kebebasan penuh. Namun, Pribadi yang satu tidak pernah bertindak sendiri-sendiri atau bertentangan dengan yang lain.

Ketiga Pribadi terlibat dalam proses penciptaan. “Di dalam Dialah,” Yesus Kristus, Allah menciptakan segala sesuatu (Kolose 1:16), dan Roh Allah melayang-layang “di atas permukaan air” (Kejadian 1:2).

Dalam hal keselamatan, Allah [Bapa] mengasihi dunia ini dan mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal (Yohanes 3:16). Setelah Yesus Kristus bangkit dan naik ke surga, Dia bersama Allah Bapa mengutus Roh Kudus (14:16; 16:7).

Yesus menegaskan perihal Tritunggal ketika Dia memerintahkan murid-murid-Nya untuk membaptis “dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” (Matius 28:19).

Satu Allah dengan tiga Pribadi! Di dalam Allah inilah kita mempunyai Bapa surgawi yang mengasihi kita dan mengutus Anak-Nya untuk mati demi keselamatan kita. Di dalam Allah inilah kita mempunyai Yesus Kristus, yang menjadi sama seperti kita demi menerima hukuman yang seharusnya kita terima. Di dalam Allah inilah kita mempunyai Roh Kudus, Penolong dan Penghibur ilahi kita, yang tinggal di dalam kita untuk memberi kita kemenangan atas dosa.

Allah Tritunggal mendengarkan ketika kita berdoa, memahami ketika kita menderita, dan akan menuntun kita dengan selamat sampai ke rumah-Nya.

Diadaptasi dari Do Christians Believe in Three Gods? Copyright 1992, 2002 Our Daily Bread Ministries. Edisi bahasa Inggris dapat dibaca di DiscoverySeries.org/Q0107


Baca juga:

Nama-nama Mesias yang Menakjubkan

Nama menghadirkan makna dan kepercayaan dalam suatu hubungan, terutama hubungan manusia dengan Allah. Lewat buklet “Nama-nama Mesias yang Menakjubkan”, dapatkan pengenalan yang lebih mendalam akan pribadi Allah sekaligus karakter-Nya yang membuat Dia layak dipercaya.
DAPATKAN DI:

 


Pelayanan Our Daily Bread Ministries di Indonesia didukung terutama oleh persembahan kasih dari para pembaca, baik individu maupun gereja di Indonesia sendiri, yang memampukan kami untuk terus membawa hikmat Alkitab yang mengubahkan hidup kepada banyak orang di dalam negeri.