Bayang-bayang Kematian

Apakah itu kematian? Apa yang akan terjadi setelah kita mati? Kematian adalah bagian yang tak terelakkan dari kondisi manusia. Suka atau tidak, suatu hari kita semua akan mati, tidak peduli seberapa pun kaya, sukses, terkenal, atau pintarnya kita. Sebagian orang menganggap kematian itu sebagai akhir, ketika mereka akan pudar dan musnah selamanya. Karena itu, mereka berupaya meninggalkan warisan yang dapat membuat mereka terus dikenang. Ada juga yang berusaha mengusir bayangan tentang kematian yang mengerikan dari benak mereka dengan menikmati petualangan yang baru dan seru sebanyak-banyaknya.

Namun Alkitab menegaskan bahwa setelah kematian akan datang penghakiman (Ibr. 9:27). Binasa mengingatkan pada keadaan akhir kita jika kita tidak memiliki Yesus.

Binasa artinya hancur lebur. Itu bukanlah berakhirnya kesadaran atau keberadaan seseorang, tetapi hilangnya segala arti, nilai, dan makna. Binasa berarti terpisah dari Allah untuk selama-lamanya, dan karenanya tidak dapat lagi menerima segala sesuatu yang baik.

Kita semua telah berdosa dan layak mati, tetapi Yesus telah menuntaskan sepenuhnya masalah dosa lewat kematian-Nya di kayu salib. Dia membayar hukuman dosa dengan menggantikan kita, sehingga ketika kita beriman kepada-Nya, kita tidak binasa dan dilepaskan dari akhir yang mengerikan.

Betapa kita bersyukur saat meyakini bahwa Yesus telah menyelamatkan kita, dan kita tidak perlu lagi takut pada kematian.