Month: Februari 2021

Baru Tiap Pagi

Adik saya, Paul, menderita epilepsi sejak kecil, dan memasuki masa remaja, penyakitnya semakin memburuk. Secara khusus malam hari menjadi beban berat baginya dan bagi orangtua kami, karena ia bisa terus-menerus mengalami kejang, yang sering berlangsung hingga lebih dari enam jam. Dokter tidak menemukan pengobatan yang dapat meredakan gejala-gejalanya sambil membuatnya tetap sadar, setidaknya untuk setengah hari. Orangtua saya sering berseru dalam doa: “Ya Allah, oh Allah, tolonglah kami!”

Bukan Diri Anda Lagi

Pada musim panas tahun 1859, Charles Blondin menjadi orang pertama yang menyeberangi air terjun Niagara dengan berjalan di atas seutas tali—sesuatu yang kemudian dilakukannya hingga ratusan kali. Sekali waktu ia melakukannya dengan membawa Harry Colcord, manajernya, di atas punggungnya. Blondin memberikan instruksi berikut kepada Colcord: “Lihat ke atas, Harry . . . kau bukan lagi Colcord, kau adalah Blondin. . . Kalau aku berayun, mengayunlah bersamaku. Jangan coba-coba mencari keseimbangan sendiri. Kalau itu kaulakukan, kita berdua akan jatuh dan mati.”

Menghadapi Ketakutan

Warren pindah ke sebuah kota kecil untuk menggembalakan jemaat di sana. Setelah awalnya berjalan lancar, keadaan berubah ketika salah seorang warga setempat memusuhinya. Orang itu mengarang cerita yang bukan-bukan tentang Warren, kemudian meminta surat kabar setempat memuat ceritanya itu, bahkan mencetak tuduhannya pada selebaran yang dibagi-bagikan kepada warga kota via pos. Warren dan istrinya pun berdoa dengan sungguh-sungguh. Kalau kebohongan itu dipercaya, hidup mereka bisa berantakan.

Berdoa untuk Segala Sesuatu

Anak kucing yang kotor itu duduk tenang di lantai beton dan memandangi saya dengan cara yang elegan. Bersama beberapa saudaranya, anak kucing itu tinggal di lantai parkir bawah tanah dari gedung kantor klien saya berada. Karena merasa kasihan kepada kucing-kucing itu, saya menitipkan makanan kucing kepada seorang petugas keamanan agar kucing-kucing itu diberi makan setiap hari, dan saya juga membelikannya lagi kalau sudah habis.