Month: Juli 2021

Hidup yang Tak Ternilai dalam Kristus

Sambil berlinang air mata dan dikuasai rasa panik, saya mencari-cari cincin kawin dan cincin ulang tahun pernikahan saya. Setelah satu jam mencari di antara bantal-bantal sofa dan menyisir setiap sudut dalam rumah kami, Alan berkata, “Aku ikut menyesal. Sudahlah, nanti kita beli lagi cincin yang baru.” 

Ketika Iman Terasa Rapuh

Betapa gelap rasanya masa pandemi ini. Tak sampai dua tahun yang lalu kita mengira hanya berhadapan dengan virus penyakit, namun dalam perjalanannya yang singkat, Covid 19 berubah menjadi momok yang sanggup menceraiberaikan manusia hingga ke unit paling kecil: keluarga.

Ketika Belas Kasihan Bertemu Keadilan

Haruskah ia mengadu? Perlukah ia melapor? Murid di sebuah SMA elit di Manhattan itu bingung menghadapi perundungan yang dilakukan oleh…

Mengatasi Iri Hati

Dalam film Amadeus, komponis veteran Antonio Salieri memainkan sejumlah karya musiknya dengan piano untuk seorang imam yang datang mengunjunginya. Sambil menahan malu, sang imam mengakui bahwa ia tidak mengenali lagu-lagu yang dimainkan. “Bagaimana dengan yang ini?” tanya Salieri, sambil memainkan melodi yang langsung akrab di telinga. “Saya baru tahu kalau itu karya Anda,” kata sang imam. “Ini bukan karya saya”, jawab Salieri. “Itu karya Mozart!” Film itu kemudian mengungkapkan bagaimana kesuksesan Mozart ternyata membangkitkan iri hati yang sangat kuat dalam diri Salieri—bahkan membuatnya ikut berperan dalam menyebabkan kematian Mozart.

Yesus Damai Sejahtera Kita

Seorang biarawan bernama Telemachus menjalani hidupnya dengan damai, tetapi kematiannya di akhir abad ke-4 telah mengubah dunia. Saat mengunjungi kota Roma, Telemachus masuk ke dalam arena pertarungan gladiator yang brutal. Ia melompati tembok stadion dan mencoba menghentikan para gladiator yang berusaha saling membunuh. Namun, para penonton mengamuk dan merajam biarawan itu sampai mati. Meski demikian, Kaisar Honorius begitu tergerak oleh tindakan Telemachus hingga ia mengakhiri praktik pertarungan gladiator yang sudah berlangsung selama 500 tahun.