Month: September 2021

Segala yang Anda Perlukan

Saat duduk di meja makan, saya memperhatikan keseruan yang tengah berlangsung di sekeliling saya. Paman, bibi, saudara-saudara sepupu, dan para keponakan sedang menikmati makanan dan kebersamaan di acara reuni keluarga kami. Saya juga menikmatinya. Namun, terlintas suatu pikiran yang mengusik hati saya: Kau satu-satunya perempuan di sini yang tidak punya anak, dan tidak punya keluarga sendiri.

Belajar dengan Sukacita

Di kota Mysore, India, terdapat sebuah bangunan sekolah yang terbuat dari dua gerbong kereta api yang sudah dipercantik dan tersambung satu sama lain. Para pendidik di sana bekerja sama dengan dengan perusahaan kereta api untuk membeli dan mengalihfungsikan gerbong yang sudah tidak terpakai itu. Pada dasarnya setiap gerbong hanyalah sebuah kotak besar berbahan besi yang tidak bisa digunakan sebelum para pekerja memasang tangga, kipas angin, lampu, dan meja. Mereka juga mengecat dinding dan menghiasinya dengan lukisan aneka warna pada dinding bagian dalam dan luar. Kini, enam puluh siswa dapat menerima pendidikan di sekolah itu berkat transformasi luar biasa yang pernah terjadi.

Pelarian Ikabod

Dalam cerpen berjudul Legenda di Sleepy Hollow, penulis Washington Irving bercerita tentang Ichabod Crane, seorang guru sekolah yang ingin menikahi seorang gadis cantik bernama Katrina. Kisahnya dipusatkan pada kehadiran seorang penunggang kuda tanpa kepala yang menghantui desa koloni itu. Suatu malam, Ichabod melihat penampakan mirip hantu dari penunggang kuda itu. Saking ketakutannya, ia pun melarikan diri dari daerah itu. Para pembaca tahu bahwa “penunggang kuda” itu sebenarnya adalah seorang pesaing dalam merebut hati Katrina, dan yang kemudian menikahinya.

Tak Terbatas

Saya terduduk di pujasera sebuah pusat perbelanjaan, dengan tubuh yang tegang dan perut yang mulas karena memikirkan setumpuk pekerjaan yang mendesak untuk segera diselesaikan. Sambil mengunyah burger, saya melihat orang-orang di sekitar saya juga bergegas-gegas, sibuk dengan urusan mereka masing-masing. Betapa terbatasnya kita semua, pikir saya, terbatas dalam hal waktu, tenaga, dan kemampuan.