Month: Agustus 2013

Yang Asli

Terkadang membersihkan loteng di rumah kakek memang menguntungkan. Bagi seorang pria asal Ohio seperti saya, 
keuntungan itu saya alami ketika menemukan satu set kartu bisbol yang berumur lebih dari 100 tahun dan masih dalam kondisi yang sangat baik. Juru taksir menilai kartu tersebut seharga tiga juta dolar AS.

Pertaruhan Dan Penyelamatan

Pada 7 September 1838, Grace Darling, putri dari seorang penjaga mercusuar berkebangsaan Inggris, melihat sebuah kapal karam dan beberapa orang yang terkatung-katung di lepas pantai. Bersama dengan ayahnya, Grace mendayung perahu mereka dengan berani sejauh satu mil dan menembus gelombang perairan yang kuat untuk menyelamatkan beberapa orang. Grace pun dikagumi banyak orang karena hatinya yang penuh belas kasihan dan tangannya yang teguh dalam mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan orang lain.

Perhatian 
Yang Melimpah

Beberapa waktu yang lalu, saya menulis sebuah artikel tentang istri saya, Marlene, dan pergumulannya dengan vertigo. Ketika artikel tersebut diterbitkan, saya tak menduga akan mendapatkan begitu banyak tanggapan dari para pembaca yang memberikan semangat, pertolongan, saran, dan terutama perhatian pada kesehatan istri saya. Pesan-pesan ini datang dari seluruh penjuru dunia dan dari orang-orang dengan beragam latar belakang. Ungkapan perhatian yang penuh kasih untuk istri saya ini membanjir sedemikian banyaknya sampai kami tidak tahu harus mulai dari mana untuk menjawab semuanya. Kami takjub dan kagum ketika melihat bagaimana saudara-saudari seiman di dalam Kristus menanggapi pergumulan Marlene. Kami sangat bersyukur, dan masih terus bersyukur hingga hari ini.

Jalan Keluar

Highway 77, jalan raya yang menembus kawasan Pegunungan Appalachia di Virginia Barat, memiliki serangkaian tempat perhentian darurat untuk truk yang ber-masalah. Perhentian darurat ini berupa jalan yang diaspal sebagian dan terdapat di sisi jalan raya yang kecuramannya hampir 400 m dan jaraknya kurang lebih sepanjang 10 km. Jalanan yang curam ini, ditambah dengan jalur yang berliku-liku, dapat membawa masalah bagi para pengguna kendaraan bermotor—khususnya pengemudi truk.

Dikelilingi Kasih Setia

Hampir mustahil untuk melewatkan papan iklan raksasa dengan latar berwarna merah dan tulisan besar berwarna putih yang menyerukan: “Tahun ini ribuan orang pria akan mati karena keras kepala.” Belakangan saya mengetahui bahwa papan iklan tersebut adalah satu dari ratusan papan iklan serupa yang ditujukan pada kalangan pria separuh baya yang biasanya menghindari pemeriksaan medis rutin dan yang sering kali meninggal karena penyakit yang sebenarnya bisa dicegah.

Ditopang 
Atau Tidak?

Ditopang atau tidak? Itulah kebingungan Marilyn saat menanam sebatang tunas pohon pada musim panas lalu. Penjualnya berkata, “Pasanglah penopang selama setahun agar pohon itu tetap kukuh dalam terpaan angin yang keras. Setelah itu lepas penopang tersebut sehingga akarnya dapat tumbuh semakin dalam dengan sendirinya.” Namun tetangganya berkata, “Memberi penopang lebih banyak membawa kerugian daripada manfaat. Pohon perlu menumbuhkan akar yang kuat sesegera mungkin, atau pohon itu takkan pernah punya akar yang kuat. Tidak menopangnya adalah tindakan tepat untuk kesehatan jangka panjang pohon itu.”

Babak 
Berikutnya

Steve berusia hampir lima tahun, pada saat sang ayah, Nate Saint—seorang pilot dalam pelayanan misi—bersama empat pria lainnya dibunuh oleh suku Waodani di Ekuador pada tahun 1956. Namun sebagai buah dari kasih dan pengampunan yang ditunjukkan keluarga para martir tersebut, saat ini terdapat suatu komunitas orang percaya yang terus bertumbuh di antara warga suku Waodani.

Di Pihakku

Setelah Gabby Douglas, seorang atlet berperawakan mungil, memenangi dua medali emas di Olimpiade London 2012, ia membuat pernyataan berikut: “Tuhan tidak akan pernah mengecewakanmu. Dia selalu ada di pihakmu.”

Karunia Terang

Sir Christopher Wren merancang dan membangun lebih dari 50 gedung gereja di London pada akhir tahun 1600-an. Gaya rancangannya memiliki dua ciri yang khas—yang pertama adalah menara gereja yang tinggi dan kokoh. Ciri yang kedua punya makna yang lebih mendalam. Wren meyakini bahwa semua jendela pada gereja-gereja yang dibangunnya haruslah menggunakan kaca bening, dan tidak menggunakan kaca patri berwarna yang sangat populer di gereja-gereja umumnya pada zaman itu. Sebagian alasannya untuk menggunakan kaca bening itu antara lain terungkap dalam ucapan yang dipercaya pernah ia ucapkan: “Pemberian terbesar Allah bagi manusia adalah terang.” Bagi Wren, membuat orang beribadah dengan siraman cahaya yang bersinar adalah suatu cara mensyukuri pemberian tersebut.